hal-hal bebahaya di jalan raya

Tampaknya masih banyak orang yg belum mennyadari,bahwa kendaraan yg kita tunggangi sehari-hari adalah sebuah mesin pembunuh yg produktif. ini tak terlepas dari cara berkendara masyarakat yg gemar “ber-manuver” di jalanan.

data menyebutkan lebih dari 28 ribu orang di indonesia meninggal akibat sepeda motor. dari jatuh,menabrak,ataupun tertabrak.

apapun aturan mainnya,semua itu tidak akan membantu jika para pengendara sepeda motor masih lemah dalam melakukan usaha berdisiplin lalu lintas.

berikut beberapa contoh tentang hal-hal yg berbahaya di lakukan saat berkendara;

1. motor bebek menjadi kendaraan “cargo”.

hal seperti ini sering terjadi, di mana pengendara sepeda motor membawa barang bawaan yg terlalu berat. sangat tidak semestinya.

2.menelfon di saat berkendara sepeda motor.

ketika otak manusia sedang menganalisa dan mencerna topik pembicaraan, di saat yg sama otak pengendara sedang mengontrol kendali syaraf motorik dari situasi di keempat sisi sepeda motor. dalam kondisi tanpa menelfon,pengendara memerlukan 1,5-2 detik untuk merespon sesuatu.bayangkan jika hal tersebut di lakukan sambil menelfon.waktu 2 detik akan menjadi lebih cepat jika dengan kecepatan 60km/jam tiba-tiba matanya melihat penyebrang jalan yg bergerak 16 meter di depannya.

3. SMS’an di saat berkendara.

perbuatan seperti ini lebih gila lagi. pada keadaan normal saja lebih dari 5 detik untuk membuka kunci hp dan membacannya. bisa di bayangkan jika keadaan tersebut di lakukan di atas sepeda motor yg sedang berjalan. tentunya banyak sekali hal terburuk jika di lakukan.sebaiknya berhenti di tempat teraman.

4. tidak memakai helm.

patut di sadari,bahwa tidak ada perbedaan material bahan kepala antara pengemudi dan penumpang.sebaiknya gunakan helm yg ber-lebel SNI.

5. mengendarai sepeda motor,lebih dari dua penumpang.

moment seperti ini memang sudah terbiasa terjadi di negara kita. (dangerious)

6. STANDAR!!!

biasakanlah diri untuk mengecek standar sepeda motor sebelum berjalan.hal sekecil ini sangat spele,namun sangat membahayakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s